Ads (728x90)

Profil Madrasah Tsanawiyah

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ma’had An Nur yang berada dalam naungan yayasan Al Ma’had An Nur, berdiri pada tahun 1994 di kampung Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, DI. Yogyakarta. Sebagai lembaga pendidikan setingkat SMP, MTs An Nur mempunyai tujuan untuk dapat membekali para siswa dengan Ilmu Pengetahuan – Teknologi (IPTEK) dan Iman – Taqwa (IMTAQ), mendidik siswa agar menjadi pribadi yang beriman, berilmu dan beramal sholeh.
MTs ini mulai membuka kelas pertamanya berdasarkan izin operasional yang dikeluarkan melalui SK Kepala Kantor Wilayah Kanwil Departemen Agama (Kanwil Depag) Provinsi DIY nomor: 24/KTSP/1994 tentang Persetujuan Pembukaan MTs Al-Ma’had An Nur Tahun Ajaran 1994/1995 di bawah pimpinan ketua yayasan.
Pada tahun ajaran 1996/1997, Depag kab. Bantul memilih Drs. Zainuri untuk menjadi kepala MTs. Akreditasi sebagai tolak ukur penyelenggaraan pendidikan dilakukan (tahun 1997) setelah MTs An Nur mengikuti Ebta/Ebtanas angkatan pertama dengan jenjang akreditasi “terdaftar”. Tahap berikutnya (th. Pelajaran 1998/1999) MTs An Nur kembali melakukan akreditasi dan mendapatkan piagam jenjang akreditasi status “disamakan”.
Berbagai usaha dalam mengembangkan manajemen madrasah terus ditingkatkan, khususnya yang terkait kurikulum kepesantrenan. Hal ini dimaksudkan agar karakter keilmuan siswa yang juga sekaligus santri dapat terbentuk sesuai dengan visi dan misi yayasan Al Ma’had An Nur yang berbasis pesantren. Pada tahun 2016, MTs yang dikepalai oleh bapak Drs. Subakir, M.S.I ini kembali mendapatkan status akreditasi “A”.
MTs ini terus mengalami pertambahan jumlah siswa, dimana tiap tahun pelajaran baru jumlah pendaftar selalu melebihi kuota yang disediakan. Pada tahun pelajaran 2017/2018, untuk kelas VII disediakan 7 kelas (3 putra, 4 putri) yang masing-masingnya dipenuhi 38-40 siswa. Sedangkan secara keseluruhan (dari kelas VII-IX) terdata ada 678 siswa yang belajar di MTs Al
Ma’had An Nur.