Ads (728x90)

Sabtu malam (5/5) Madrasah Diniyah (Madin) Al Furqon Pondok Pesantren An Nur Bantul melaksanakan acara akbar perdana. Acara tersebut berlangsung pada pukul 20.15 WIB. Lokasi berada di halaman Kampus Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Bantul. Acara wisuda “Haflah Attasyakur dan Akhirussanah Madin Al Furqon” diikuti para santri yang telah menyelesaikan pelajaran diniyah. Acara ini dihadiri dewan dzuriyah PP. An Nur dan wali santri, serta semua santri ikut menyaksikan santri-santri yang berhasil lulus Madin Al Furqon.
Acara dimulai dengan pembukaan dan Kalam Ilahi. Lalu dilanjutkan Lalaran Kitab Imrithi dan Alfiyah Ibnu Malik oleh para santri Madin Al Furqon. Kemudian disusul dengan Demontrasi Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Pada sesi ini, hadirin dipersilahkan mengetes santri dalam hal membaca dan memaknai kitab kuning. Tepuk tangan yang meriah saat para santri yang diuji berhasil menjawab semua pertanyaan penguji.
Acara berikutnya ialah Prosesi Wisuda. kemudian sambutan-sambutan dan diakhiri doa penutup. Adapun sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Nur Aziz sebagai perwakilan dari wali santri. Lalu sambutan kedua sekaligus Mau’idzoh Hasanah disampaikan oleh KH. Muslim Nawawi, selaku pengasuh PP. An Nur. Doa dipimpin oleh KH. ‘Ashim Nawawi. Acara berlangsung sangat khidmah dan selesai pada pukul 22.30 WIB.
Santri yang berhasil diwisuda sebanyak 8 santri putra dan 34 santri putri. “Walaupun kita di pondok yang berbasis Qur’an, kajian kitab kuning ini juga harus ada, karena untuk melengkapi kajian al-Qur’an itu sendiri”, papar KH. Muslim Nawawi.
Beliau menyatakan bahwa acara ini merupakan acara yang istimewa. Biasanya yang telah berlangsung di An Nur adalah wisuda santri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ), wisuda Khotmil Qur’an pondok, wisuda lulus sekolah/madrasah formal maupun perguruan tinggi. Sekarang telah lengkap dengan berlangsungnya acara wisuda Madin Al Furqon.  *(Sang)

Post a Comment