Ads (728x90)

pondok-ngrukem.com – Rabu (21/3) Syauqul Mujtaba tampil dalam Festival Hadroh yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DI Yogyakarta. Syauqul Mujtaba merupakan grup hadroh Pondok Pesantren An Nur Ngrukem yang dicetuskan oleh ust. Faisal Batubara, S.Pd. Dibentuk pada tahun 2013.
Sebelumnya, PP. An Nur sudah memiliki beberapa grup hadroh yang kemudian memunculkan pula Syauqul Mujtaba. Personil inti dari grup hadroh ini ada 10 orang, yang khusus membawakan musik beraliran Banjari.
Lokasi lomba bertempat di PP. API al-Anwar Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta. Syauqul Mujtaba mendapat nomor urut 47. Persiapan yang dilakukan kurang lebih selama 2 minggu.
Pada awalnya latihan yang terjadi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu latihan bidang vokal (suara) dan bidang penabuh (musik). Setelah dirasa cukup dari 2 bagian tersebut dikolaborasikan sehingga membentuk alunan musik sholawat yang merdu.
Para personil terutama para vokalis, selama tampil diatas panggung terlihat khusyuk mendalami shalawat yang sedang dibawakan. Tentu saja, para personil sudah merasa terbiasa dan merasa akrab dengan hal itu. Padahal penonton yang begitu meriah, keriuhan penonton beradu dengan penampilan mereka.
“Terus belajar agar ke depan menjadi lebih baik. Niatkan bergelut dalam hadroh untuk berkhidmah kepada pesantren. Semoga dengan bersholawat kita mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad Saw.” ucap Nur Arifin, salah satu personil Syauqul Mujtaba.
Pemenang lomba diumumkan Sabtu malam (31/03). Syauqul Mujtaba menempati peringkat ketiga dari sekian banyak group yang mengikuti lomba. Penyerahan hadiah diterima oleh Muhamad Mustain sebagai perwakilan dari grup hadroh Syauqul Mujtaba. Hadiah diterima di PP. Al Muhdi, Krapyak Lor. Hadiah diberikan langsung oleh Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB.  *(Hendrawan)

Post a Comment