Ads (728x90)

pondok-ngrukem.com – Tim Radio Persatuan Bantul mengadakan road show ke berbagai pesantren di wilayah kab. Bantul. Adapun pesantren yang pertama disinggahi adalah PP. An Nur Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon. Lokasi pesantren yang relatif tidak begitu jauh dari lokasi Radio Persatuan Bantul.
Kamis (22/2) pukul 20.00 WIB di halaman Pondok Pesantren An Nur, terdengar meriahnya santri-santri menyambut kehadiran para narasumber.  Acara dilaksanakan di Pendopo PP. An Nur. Peserta yang hadir mencapai 200 perwakilan santri putra dan putri. Tema yang diangkat ialah “ Santri Siap Mandiri”.
Terdapat tiga narasumber dalam acara tersebut, yaitu Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Dr. H. Hadi Suyono, S. Psi. M.S.I selaku Dosen Psikologi UAD Yogakarta, dan Yudi Susanto Owner Ingkung Warung nDeso. Para narasumber akan menyampaikan materi dengan dipandu moderator yang sekaligus penyiar radio, Miko Cakcoy Pathoknegoro.
Acara diawali sambutan oleh Kepala Dinas Kominfo Bantul, Nugroho Eko Setyanto, S. Sos. MM. Kalau santri dalam hal agama itukan sudah ahlinya. Kami ingin memberikan wawasan selain itu. Kami ingin berbagi berbagai hal meski hanya dalam satu jam ini.
Selanjutnya, saat moderator Miko Cakcoy Pathoknegoro muncul, kemeriahan acara kian terasa. Antusias para santri untuk mendapatkan wawasan dari para narasumber semakin kuat. Meski materi yang disampaikan hanya berlangsung satu jam. Namun banyak sekali ilmu yang para santri dapatkan.
Santri saat ini telah merambah masuk ke berbagai segi profesi. Indonesia contohnya, santri sudah banyak posisinya. Ada yang menjadi menteri, PNS, pengusaha, dosen, presenter, dan lain sebagainya. Hal tersebut membuktikan bahwa santri memiliki peluang yang tinggi.
Santri itu punya keberdayaan tinggi. Saat di pondok seluruh aspek pendidikan itu diajarkan. Aspek intelektual, aspek emosional, dan aspek spiritual. Sehingga santri punya kecerdasan tiga sekaligus.” kata Wakil Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih.
Dr. H. Hadi Suyono, S. Psi., M.S.I  mengatakan, Santri itu memiliki psikologi yang hebat. Spiritual bagus, punya emosional, dan dua hal yang bagus dalam dunia bisnis yakni jaringan sosial serta kemandirian. Itu semua adalah modal usaha yang bisa membuat seseorang sukses. Itu semua diajarkan di pondok pesantren.
Ketika dibuka sesi tanya jawab, banyak santri yang aktif bertanya. Sayang tidak semuanya mendapat kesempatan, mengingat waktu telah larut malam, moderator lantas menutup sesi tanya jawab. Acara selesai pada pukul 22.30 WIB. Sebelum narasumber pulang, ada penyerahan cinderamata. *(Sang)

Post a Comment

  1. Our simple user interface is easy to use and saves you time. Know that your website is secure and safely backed up with our scheduled automated backups.website backup

    ReplyDelete