Ads (728x90)

pondok-ngukem.com - Pondok pesantren An Nur Ngrukem, Bantul antusias menyambut Haul al maghfurlah KH. M. Moenawwir bin Abdullah Rosyad yang ke-79. Beliau merupakan ayahanda dari Almaghfurlaha Nyai Hj. Walidah. Pada moment ini, santri PP. An Nur bersemangat melaksanakan amaliyah.
Seluruh santri mendapatkan peran untuk bersama-sama membaca amaliyah al-Qur’an. Kegiatan amaliyah ini berlangsung dimulai sejak tanggal Senin (12/2) dan ditutup pada Ahad (25/2).
Kegiatan amaliyah merupakan bentuk rasa ta’dzim dan cinta terhadap sang maha guru al-Qur’an. Karena itu, diadakanlah amaliyah berupa serangkaian pembacaan al-Qur’an diantaranya pembacaan surat Ya Siin, Muqaddaman al-Qur’an, semaan al-Qur’an.
Semaan al-Qur’an juga terbagi menjadi dua, semaan al-Qur’an yang dilaksanakan oleh para santri Tahfidz dan yang diadakan oleh dewan Dzuriyah PP. An Nur. Semaan al-Qur’an bagi santri bertempat di pesantren dan rumah warga sekitar pesantren. Terdapat pula semaan di Dongkelan, area makam al-Maghfurlah KH. M. Moenawwir.
“Dengan adanya amaliyah ini, santri dilatih untuk memiliki rasa tanggungjawab dan cinta terhadap al-Qur’an, serta diharapkan untuk bisa lebih tekun nderesnya,” terang Usth. Putri Gustia Ningrum selaku ketua panitia.
Berdasarkan hasil laporan ketua panitia, dalam rangka Haul KH. M. Moenawwir tahun ini, PP. An Nur menyelesaikan 225 khataman al-Qur’an. Rinciannya, 211 muqaddaman dan 14 khataman simaan al-Qur’an. Amaliyah tambahan yang meliputi: 1.430 khataman surat Ya Siin , 1.118 khataman Juz ‘Amma, 8940 shalawat nariyyah, dan 22.100 kali surat al-ikhlas.
Pada malam puncak yang diadakan di PP. Al Munawwir Krapyak, PP. An Nur PP. An Nur ikut serta dalam mendirikan Stand. Berbagai produk dari PP. An Nur ditawarkan di Stand tersebut. *(Iha)

Post a Comment