Ads (728x90)

Ngrukem- Kamis, 25 Mei 2017 (H-2 Bulan Ramadhan) telah dibuka kegiatan Ramadhan tahun 1438 H. Pembukaan secara resmi oleh pengasuh, KH. Muslim Nawawi di aula (lantai III) Pondok Pesantren An Nur. Pembukaan tersebut diikuti oleh seluruh santri baik putra maupun putri.  Setelah jamaah salat Maghrib, ribuan santri yang antusias menyambut bulan suci Ramadhan memenuhi aula.
Adapun tema Ramadhan kali ini adalah “Menggapai Puncak Keberkahan Ramadhan dengan Bingkai al-Qur’an”. Zulfatul Khasanah, panitia Ramadhan, menerangkan, “Bulan Ramadhan merupakan bulan ibadah dan PP. An Nur memiliki basic al-Qur’an maka kegiatan sehari-hari santri tidak luput dengan membaca Al-Qur’an, dan berharap mendapatkan keberkahan ilmu dari para dzurriyah dan keberkahan al-Qur’an”.
Berbagai rangkaian acara selama Ramadhan kali ini memiliki perbedaaan yang unik dari tahun sebelumnya. Tahun ini, panitia meluncurkan program bagi-bagi voucher belanja di kantin untuk santri yang berhasil mengkhatamkan al-Qur’an sebelum acara penutupan kegiatan. Juga ada  live streaming beberapa pengajian, seperti pengajian kitab kuning yang berlangsung pada pukul 09.00-11.00 WIB dan tadarus al-Qur’an dua juz oleh seluruh santri tahfidz bersama pengasuh setelah salat Tarawih.
Tepat pada malam 15 Ramadhan dilaksanakan takhtiman mudarrosah al-Qur’an yang dipimpin langsung pengasuh. Disamping itu, salat Tarawih juga berhasil mengkhatamkan al-Qur’an, sebab per malam salat Tarawih membaca dua juz.
Ahad, 11 Juni 2017 (malam 17 Ramadhan) dilaksanakan penutupan kegiatan Ramadhan 1438 H. Acara tersebut juga untuk memperingati Nuzulul Qur’an. Dimulai setelah salat Tarawih dan bertempat di halaman PP. An Nur. Acara ini diikuti oleh seluruh santri.
Bersamaan dalam acara tersebut, ada pula pengumuman tes peringkat tahfidz al-Qur’an. “Ramadhan kali ini, ada 17 santri putra dan 16 santri putri yang berhasil tes hafalan kategori 10 juz. Sedangkan kategori 20 juz, ada 2 santri putra dan 2 santri putri. Karena waktunya terbatas 17 hari jadi masih banyak yang belum tes, termasuk juga yang 30 juz akan tes setelah liburan”, ungkap Ust. Aziz Zaenal Arifin, selaku pengurus Divisi Tahfidz.
Rangkaian acara diakhiri tausiyah sekaligus penutupan kegiatan Ramadhan secara resmi oleh KH. Muslim Nawawi. Adapun informasi tentang waktu liburan, yakni libur Ramadhan dan Syawal berlangsung mulai 12 Juni 2017 (17 Ramadhan 1438 H) sampai dengan 08 Juli 2017 (14 Syawal 1438 H). Batas waktu santri sampai di pondok kembali pada 08 Juli 2017 yakni pukul 18.00 WIB atau waktu Maghrib. (Fatihaturrohmah)




Post a Comment

  1. We are the company http://www.unitedcheckcashing.com providing you the best services about http://www.unitedcheckcashing.com within a short period. In USA you may find us everywhere, every city and 24/7.check cashing

    ReplyDelete