Ads (728x90)


NGRUKEM- Pondok Pesantren An Nur telah melangsungkan acara akbar, yakni Silaturahmi Nasional (SILATNAS) alumni lintas generasi, Sabtu-Ahad, (1-2/4). Kegiatan ini ditujukan untuk semua alumni PP. An Nur Ngrukem Bantul, DI. Yogyakarta. Target minimal panitia, 500 alumni dari seluruh angkatan akan hadir pada event tersebut. Acara ini juga untuk memperingati haul al maghfurlaha almukarramah Ny. H. Walidah Munawwir ke-6.
Berbagai persiapan demi menyambut acara tersebut telah dilakukan. Panitia yang terdiri dari alumni sangat semangat dalam mempersiapkan acara tersebut. Mengingat target kehadiran, panitia juga bekerja sama dengan pengurus pondok untuk membuatkan tim pembantu yang terdiri dari pihak internal (pengurus-santri) pesantren. Sehingga, diharapkan acara dapat terealisasi dengan sangat baik.
Kehebohan dalam media sosial tidak bisa dihindari. Antusias para alumni terpantau sangat aktif dalam berbagai media sosial. Seperti status di facebook, foto nostalgia di instagram, dan lainnya. Hal ini menggambarkan keinginan mereka untuk bisa mengikuti acara tersebut.
Kamis (30/3) persiapan acara semakin dimaksimalkan. Pemasangan bendera disepanjang jalan dan membersihkan area sekitar yang akan dipakai. Panitia juga mempersiapkan penginapan yang ditujukan bagi alumni, terutama dari luar DIY. Penginapan tersebut berada di Madrasah yang lokasinya ada di depan kampus STIQ An Nur. Penginapan yang agak jauh dari lokasi/ panggung utama ini dipilih agar lokasinya tidak jauh dari tempat parkir. Adapun tempat parkir juga berada di halaman madrasah dan halaman kampus STIQ An Nur. Jum’at (31/3) para alumni sudah mulai berdatangan. Beberapa alumni yang datang ada yang langsung menuju makam gurunya, al mukarrom al maghfurlah KH. Nawawi Abdul Aziz dan almukarromah al maghfurlaha Ny. H. Walidah Munawwir. Adapun lokasi atau panggung utama berada di halaman komplek pusat.
Kemudian Sabtu (1/4) semakin banyak alumni yang datang. Arena parkir mulai terpenuhi oleh kendaraan roda dua dan empat. Panitia juga mempersiapkan tempat konsumi khusus bagi sopir. Mengingat banyak tamu yang hadir, panitia juga dibantu oleh teman-teman OSIS MA Al Ma’had An Nur. Termasuk juga saat menjaga tempat penginapan dan mengatur parkir. Selanjutnya, pukul 17.00-19.30 dilakukan registrasi peserta tamu undangan. Pukul 20.00 pembukaan acara simaan dalam rangka haul dimulai. Dilanjutkan dengan simaan al-Qur’an alumni. Simaan berjumlah 8 majelis, dan berakhir serempak pada waktu subuh.
Adapun acara pada Ahad (2/4) diawali dengan jamaah salat subuh. Setelah itu, pukul 07.00-08.15 kembali dibuka registrasi peserta. Saat registrasi ini, juga sebagai penyambutan bagi peserta saat memasuki arena atau panggung utama. Pukul 08.30 dilanjutkan pembacaan maulid Nabi Muhammad Saw. sekaligus pembukaan acara Silatnas. Kemudian -masih di pangggung utama- dilangsungkan pelantikan pengurus daerah. Seluruh alumni PP. An Nur tersebar di Indonesia, dengan pelantikan ini maka koordinasi akan semakin mudah.
Pukul 10.30 berlangsung acara ramah tamah dan sarasehan. Adapun tema yang diusung ialah “"Konsolidasi, Penguatan dan Prospek Alumni An Nur dalam Berkhidmah Kepada Pondok Pesantren An Nur, Alumni dan Ummat". Setelah pembahasan tersebut selesai, dilanjutkan sarasehan sesi berikutnya yang mengusung tema “Pemberdayaan Ekonomi Alumni Melalui Usaha Bersama". Selanjutnya, diadakan koordinasi pengurus pusat dan pengurus daerah yang baru saja dilantik. Usai salat ashar, dilakukan penutupan kegiatan Silatnas dengan tahlil dan takhtimul Qur’an di makam atau maqbarah.
Malam harinya, yakni pukul 20.00 masih terdapat agenda. Kali ini, acara tahlil dan kenduri bersama masyarakat sekitar. Namun, untuk lokasi acara sudah tidak bertempat dipanggung utama. Justru acara ini dilaksanakan di mushola dan pendopo pesantren. Adapun santri-santri membaca amaliyah tersendiri yang berlokasi di aula lantai III. (Ahmad Sangidu/PN)

Post a Comment