Ads (728x90)

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia. Namun tidak sedikit orang yang melupakan kemuliaan bulan ini. Terkadang, sudah mengetahui bahwa bulan Rajab itu bulan yang mulia. Akan tetapi, amalan yang dilakukan pada bulan ini hanya sama dengan amalan bulan sebelumnya. Sehingga kemuliaan pada bulan ini tidak terlihat sama sekali.
Bulan Rajab bisa disebut dengan bulan istighfar atau bulan ampunan. Hal ini berdasarkan hadis yang berbunyi dari Nabi Muhammad Saw. Ingatlah, sesungguhnya Rajab itu adalah bulan Allah. Sya’ban adalah bulanKu dan Ramadhan adalah bulan umatKu. Bulan Allah dimaknai sebagai sebuah anjuran untuk berdzikir kepada Allah, yakni memohon ampunan-Nya.
Amalan yang bisa dilakukan tentunya sangatlah banyak. Tentu tujuan utamanya adalam memohon ampunan kepada Allah. Diantara amalan yang bisa dilakukan pada bulan Rajab ini adalah sebagai berikut:
  • 1.      Barang siapa yang membaca 100 kali setelah Shubuh, maka akan diampuni dosanya, diberikan rizki yang banyak dan barokah seperti hujan.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ اِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
  • 2.      Siapa yang membaca 7 kali setelah Ashar, maka akan diampuni segala dosa ditutupi aibnya, panjang umur dan banyak rizkinya.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِى لَااِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ غَفَّارُ الذُّنُوْبِ سَتَّارُ الْعُيُوْبِ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَاَسْئَلُهُ التَّوْبَةَ وَالْمَغْفِرَةَ اِنَّهُ هُوَ اْلغَفُوْرُ الَّرحِيْمُ التَّوَّابُ الْكَرِيْمُ
  • 3.      Membaca istighfar berikut ini di bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan diantara waktu Dzuhur dan Ashar, maka Allah memerintahkan para malaikat untuk menghapus buku catatan amal jeleknya,

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِى لَااِلَهَ اِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظاَلِمٍ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَلَانَفْعًا وَلَامَوْتًا وَلَاحَيَاةً وَلَانُشُوْرًا
  • 4.      Bagi yang membaca 100 kali sehari semalam di bulan Rajab, maka akan mendapatkan pahala tidak  terhingga.*

a.       Pada tanggal 1 – 10
سُبْحَانَ اللهِ الْحَيِّ الْقَيُّوْمِ
b.      Pada tanggal 11 - 20
سُبْحَانَ اللهِ الْأَحَدِ الصَّمَدِ
c.       Pada tanggal 21-30
سُبْحَانَ اللهِ الرَّؤُفِ
            *Dilakukan setelah Maghrib dan selesai sebelum Isya’
_______________
Sember: KAFA BIHI (diterbitkan Pondok Pesantren An Nur)

Post a Comment