Ads (728x90)

Ngrukem- Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah (MA) Al Ma’had An Nur berlangsung lancar, senin (10/4). 139 Siswa-siswi mengerjakan UNBK dengan penuh semangat. Model ujian seperti ini memang pertama kali dilaksanakan di MA Al Ma’had An Nur. Terasa lebih efektif dan banyak keunggulannya.
Sebagaimana yang disampaikan kepala MA Al Ma’had An Nur, Izzatu Muhammad SHI. “Pelaksanaan UN yang menggunakan komputer terasa lebih efektif karena prosesnya yang lebih simpel. Meskipun di awal persiapan memerlukan biaya yang tinggi terutama untuk pengadaan fasilitas (komputer), namun UNBK merupakan terobosan yang membawa kemajuan bagi dunia pendidikan” Jelas Izzatu M.
Para siswa tidak terlihat canggung menghadapi UN yang berbasis komputer. Hal ini dikarenakan siswa-siswi sudah familiar dengan komputer saat mengikuti pembelajaran TIK. Siswa hanya perlu diberi tambahan petunjuk dalam memahami proses UNBK. “Alhamdulillah, para siswa bisa cepat paham ketika berhadapan dengan UNBK karena sebelumnya memang sudah familiar mengoperasikan komputer” Terang Kusmanto, guru TIK MA.
Selama UNBK berlangsung, pihak madrasah juga mempersiapkan jenset berkekuatan 5.000 watt untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu listrik padam. Kekuatan jenset sudah diperhitungkan sesuai jumlah perangkat komputer yang ada. Proktor UNBK, Yazid Shofwan S.Pd M.Sc menjelaskan bahwa total jumlah komputer dari dua lab yang disediakan ada empat puluh empat.
“Madrasah menyediakan dua lab dengan fasilisitas komputer dimasing-masing lab yang berjumlah dua puluh empat untuk peserta UNBK. Telah dipersiapkan pula perangkat komputer cadangan apabila terdapat kerusakan saat UNBK tengah berlangsung” Kata Yazid.
Karena jumlah peserta yang mencapai 139 siswa, maka UNBK dilaksanakan sampai tiga sesi. Secara keseluruhan, UNBK di MA Al Ma’had An Nur bisa dikatakan berjalan lancar dari awal (senin 10/4) sampai akhir (kamis 13/4). Meski demikian, evaluasi tetap akan dilakukan demi pelaksanaan UNBK yang lebih baik lagi. (Top’99) 

Post a Comment