Ads (728x90)

Pondok-ngrukem.com, Bantul -- Senin, (26/2) rangkaian acara dalam rangka menyambut haul almaghfurlah KH. M. Moenawwir telah resmi dibuka. Acara yang diikuti seluruh santri tersebut dilaksanakan di aula lantai III Pondok Pesantren An Nur. Acara pembukaan dipimpin langsung oleh KH. Muslim Nawawi tepat setelah jamaah salat Isya.
Para santri antusias dalam acara tersebut. Adapun rangkaian acara yakni amaliyah santri marhalah Binnadzri dengan membaca surat Yasiin yang dilakukan pukul 17.00 WIB. Kemudian santri marhalah Tahfidz melakukan muqoddaman sesuai dengan bagian masing-masing (sesuai dengan pengumuman). Selanjutnya amaliyah bersama (berjama’ah), yakni sima’an al-Qur’an 30 juz oleh para santri hafidz. Sima’an ini terbagi menjadi tiga tempat, simaan di lokal pesantren, rumah-rumah warga kampung sekitar pesantren, serta di area makam almaghfurlah KH. M. Moenawwir, Dongkelan, Bantul. Di samping itu, juga ada simaan yang dilakukan oleh dzuriyah PP. An Nur.
Kemudian untuk santri marhalah Tahfidz, pembagian muqoddaman terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama ialah santri yang mendapat bagian 6 juz. Sedangkan untuk kelompok kedua, setiap santri dikenai bagian 10 juz. Kelompok ketiga mendapatkan bagian 15 juz. Terdapat beberapa amaliyah tambahan yang dilaksanakan pula oleh santri putri, di antaranya pembacaan juz 30 (juz Amma), surat al-Ikhlash, dan sholawat Nariyah.
Selanjutnya, acara penutupan dari rangkaian amaliyah tersebut dilaksanakan pada Selasa, (7/3). Tepat setelah jamaah salat Isya, semua santri berkumpul di aula lantai III. Penutupan ini juga dipimpin langsung oleh KH. Muslim Nawawi. Acara meliputi pembacaan tahlil dan doa. Namun sebelumnya, dibacakan terlebih dahulu pengumuman tentang laporan hasil amaliyah sesuai dengan waktu yang diagendakan.
Adapun laporan hasil amaliyah santri putra sebagai berikut; Sebanyak 268 santri marhalah Binnadzri membaca surat Yasiin 2680x bacaan. Khataman bacaan al-Qur’an sebanyak 51x dengan cara muqoddaman, dan 10 khataman al-Qur’an dengan cara simaan 30 Juz (bil ghaib). Sehingga santri putra menyelesaikan 61 khataman 30 juz al-Qur’an. Sedangkan santri putri menyelesaikan  juz ‘Amma sebanyak 500x, surat al-Ikhlash 7560x, shalawat Nariyah sebanyak 11.050x. Bagian muqoddaman berhasil mencapai 91 khataman dan simaan al-Qur’an 30 Juz sebanyak 5 khataman. maka, total khataman 30 juz al-Qur’an mencapai sebanyak 157 khataman. (Sangidu/PN)

Post a Comment

  1. Super sekali. Ditunggu postingan selanjutnya.

    ReplyDelete
  2. Pokoknya gak mau ketingalan informasi tentang An Nur....

    ReplyDelete
  3. lanjutkan... Reportase yang warbyasah..

    ReplyDelete