Ads (728x90)


Kajian Surah Yasin (Bagian ke-4) 
QS.Yasin ayat 8 dan ayat 9
إنا جعلنا في أعنا قهم أغلالا فهي إلى الأذقان فهم مقمحون (٨)
"Sungguh, kami telah memasang belenggu di leher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, karena itu mereka tertengadah".


وجعلنا من بين أيديهم سدا ومن خلفهم سدا فأغشيناهم فهم لا يبصرون (٩)
"Dan kami jadikan di hadapan mereka sekat (dinding) dan di belakang mereka juga sekat, dan kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat".
______
Menurut satu riwayat ayat ini turun berkenaan dg Abu jahal bin Hisyam dan kedua sahabatnya dr Bani Mahzum. Alkisah, waktu itu Abu jahal bersumpah akan memecahkan kepalanya Nabi Muhammad dg batu pd waktu beliau sedang sholat. Namun anehnya ketika Abu jahal melihat Nabi dan mengangkat batu untuk dilemparkan kpd Beliau SAW, batu itu tertahan di tangannya, tertahan pd lehernya. Pd akhirnya Abu jahal kembali menemui kedua sahabatnya dn menceritakan kejadian tsb. Kemudian salah satu sahabatnya, yakni Walid bin Mughiroh berkata; "aku saja yg akan memecahkan kepalanya Muhammad". Ketika Walid mendatangi Nabi yg sedang sholat dn akan melemparkan batunya, tiba2 pandangannya dibutakan oleh Allah SWT. Dia hanya bz mendengar suaranya Nabi, tp tdk bz melihatnya. Akhirnya Walid kembali menemui sahabat2nya dlm keadaan tdk bz melihat sampai akhirnya dipanggil oleh mereka, baru dia bz melihat kembali. Lalu sahabatnya yg terakhir melanjutkan tgs pelemparan batu itu. Dia pergi menemui Nabi dg membawa batu. Akan tetapi nasibnya tdk jauh berbeda dg kedua sahabatnya. Ketika dia mulai mendekati Nabi, tiba2 dia terjungkal sampai pingsan. Singkat cerita ketika dia telah sadar, kedua sahabatnya menanyakan kejadian yg menimpanya. Dia menjawab; "ketika aku mendekati Muhammad tiba2 pandanganku tertutup oleh seekor hewan besar yg mengibas2kan kedua ekornya. Jika aku mulai mendekat lagi, seolah2 hewan itu akan memakanku". Sejak peristiwa itu mereka tdk bz lg meneruskan niat jahatnya. Dan akhirnya Allah SWT menurunkan ayat ini.
Ayat ini jg mengisyaratkan ttg kondisinya org2 kafir besok kelak di neraka jahannam. Tangan mereka akan dibelenggu sampai leher dan pandangan mereka akan tertutup, tdk bz melihat (buta). Dan ayat ini jg bz dipahami sbg gambaran dr orang2 kafir, bahwa mereka memiliki sifat sombong dg menengadahkan kepala sebagaimana org yg terbelenggu lehernya. Tdk mau tunduk terhadap keimanan dan mereka buta dr keimanan dn hidayah.
...........
Wallahu a'lam.
.
.
Referensi:
1. Tafsir Jalalain
2. Tafsir Showi
3. Tafsir Ibnu Katsir
4. Tafsir Hamamy
5. Terjemah Alqur'an
.
.
Pekalongan, 12 Maret 2017
#kajianrutin #ngaji #tafsiryasin #iasa #pondokannurngrukem #annur #ngrukem #pondok #bantul #pendowoharjo #sewon #yogyakarta

Post a Comment