Ads (728x90)


Bertepatan dengan usianya yang ke 39 tahun, Pondok Pesantren An Nur Bantul, DI. Yogyakarta kembali menyelenggarakan Haflah Khotmil Qur’an ke-19 pada hari rabu (16/12). Acara ini merupakan agenda rutin dua tahun sekali yang dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas prestasi santri dalam menghafal al-Qur’an. Pendiri dan pengasuh pertama PP. An Nur, alm. KH. Nawawi Abdul Aziz merupakan ulama kharismatik yang sangat istiqomah menjaga hafalan Qur’annya hingga akhir hayat. Melalui bimbingannya, sudah ratusan alumni yang berhasil menyelesaikan hafalan al-Qur’an 30 juz dan mendirikan pesantren berbasis tahfidzul Qur’an di berbagai daerah.

Pengasuh berikutnya, KH. Muslim Nawawi berkeinginan untuk dapat meneruskan cita-cita mulia alm. KH. Nawawi agar semakin banyak generasi muda yang menghafal al-Qur’an. “Santri-santri penerus bangsa sangat baik jika bisa menghafal al-Qur’an dan berusaha menjaganya dengan dengan istiqomah”. harapnya. Setiap tahun semakin banyak orangtua yang memondokkan anaknya di PP. An Nur. Tercatat di akhir tahun 2015 ini, jumlah santri putra-putri mencapai 1100-an. Mulai dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi yang semuanya berada dalam naungan Yayasan PP. An Nur.
Pada khotmil Qur’an kali ini, jumlah khotimin-khotimat Juz ‘Amma 172 santri, Binnadzri 102 santri, Bil Hifdzi 22 santri, dan Qiro’ah Sab’ah 9 santri. Seusai prosesi wisuda para khotimin, dilanjutkan pengajian akbar oleh KH. Nurul Huda Djazuli (pengasuh PP. Ploso, Kediri) dan Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA (ketua PBNU). Sekretaris panitia, Anis Sulhan Fadlil menjelaskan bahwa acara ini akan dihadiri 4000-an orang yang terdiri dari wali santri, alumni dan tamu undangan. “Hari Rabu nanti PP. An Nur akan kedatangan 4000-an orang dari berbagai daerah. Banyak alumni yang menyatakan untuk hadir. Wali santri dan tamu undangan juga diperkirakan sangat banyak yang datang”. jelasnya.

Post a Comment