Ads (728x90)

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul kembali menggelar Musabaqoh Qiroatul Kutub (MQK) pada Minggu (20/9) dengan bertempat di Pondok Pesantren An Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul. Acara yang bisanya diadakan dengan bertempat di pesantren Al Imdad ini terdiri dari 27 cabang musabaqoh yang diikuti oleh sebagian besar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bantul.
An Nur sebagai tuan rumah mencoba memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan MQK tahun ini. Acara MQK dipusatkan di gedung STIQ An Nur, sedangkan untuk ruangan tiap-tiap cabang musabaqoh dibagi menjadi 17 majelis yang bertempat di gedung An Nur dan kampus STIQ. Menurut Rofiq Aulawi S.pd.I selaku panitia penyelenggara dari pihak Pesantren An Nur, acara yang diadakan secara rutin oleh Kemenag ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari masing-masing pondok pesantren sebagai lembaga yang menanamkan pembelajaran baca kitab.
Selain itu juga sebagai evaluasi dan alat untuk mengukur kualitas pengajaran pendidikan di pesantren dan mengetahui sejauh mana pemahaman para santri tentang kitab-kitab yang telah dipelajarinya. Para juara yang terpilih pada hari ini, nantinya akan dibina kembali untuk mengikuti MQK tingkat DIY yang rencananya akan diadakan di Kabupaten Kulon Progo. (fia/bap)

Post a Comment