Ads (728x90)


www.pondok-ngrukem.net | Alhamdulillah..dalam waktu dekat, segera terbit buku nadzom fiqih simbah KH. Nawawi Abdul Aziz...berikut kami lampirkan sekelumit cuplikan isi buku tersebut :

Kata Pengantar

بسم الله الرحمن الرحيم
نحمد ك اللهم ربنا كما امرتنا أن نحمد, ونصلي ونسلم على سيدنا محمد
وعلى أله وأصحابه أجمين أما بعد.

           Kami menyambut gembira dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada segenap pengurus Pondok An nur masa khidmah: 2011 – 2013 yang telah meng edit dan selanjutnya menerbitkan buku ini, buku yang mengulasan Nadhom Fasholatan Bahasa Jawa karya Simbah KH. Nawawi yang dibuat 48 tahun silam, tepatnya pada tahun 1965.
Pada awalnya, karya ini diperuntukkan untuk materi pengajian rutinan malam Selasa di Masjid Ar Ridlo yang diikuti oleh masyarakat kampung Ngrukem dan sekitarnya. Nadhoman ini kecil dan cukup ringkas, namun meskipun kecil tidak boleh dipandang kecil, sebab sekecil apapun sebuah karya tetap bernilai, berharga dan layak untuk dihargai, terlebih sebuah karya yang sudah nyata dirasakan manfaatnya oleh ummat, karena memang didedikasikan untuk masyarakat dan untuk tujuan ukhrowi  bukan orientasi duniawi.
##############################
Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.

            Namun patut disayangkan, nadhoman ini kurang begitu dipublikasikan ke luar jama`ah, sehingga keberadaanya belum banyak dikenal masyarakat luas, bahkan santri An Nur sendiri yang notabonenya santrinya mbah Nawawi banyak yang belum tahu meski sudah bertahun-tahun nyantri di An Nur bahkan sampai ia boyong (pulang muqim dirumah) tanpa belum sempat mengenalnya.
Sebuah ironi memang jika ada anak yang tidak tahu karya bapaknya, seorang santri tidak mengerti karya kiyainya.
Wamin ajli dzalik (oleh karena itu), saya dan pengurus pondok An nur merasa terpanggil untuk  mensosialisasikan nadhoman ini dengan cara menerbitkan sebuah buku yang akan memberikan penjelasan tentang sejarah dan latar belakang lahirnya nadhoman ini, juga dilengkapi dengan profil muallifnya serta diberi ulasan seperlunya agar mudah dipelajari, mengingat nadhoman ini berbahasa Jawa sedang banyak santri An nur yang berasal dari luar dari luar Jawa yang belum begitu paham bahasa Jawa.
           Akhirnya semoga kehadiran buku ini bisa dirasakan manfaatnya dan bisa menambah keilmuan dan wawasan santri di bidang Fasholatan dan hal-hal yang terkait dengannya serta bisa dijadikan sarana untuk  mengenal lebih dekat sosok simbah Nawawi  lewat karyanya, sehingga bisa menambah rasa hormat dan ta`dhim kepada beliau, yang mana di dunia pesantren keta`dhiman seorang santri terhadap Kyainya dianggap salah satu faktor  penting untuk memperoleh keberkahan dan kemanfaatan ilmunya.     kîît&îa=çîæ änîRZmäY å<


Khodim al Ma`had An nur.
Muslim Nawawwi.

 



Post a Comment