Ads (728x90)


Selasa, 23 September 2014 Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren An-Nur Bantul Yogyakarta mengirim utusan mengikuti kegiatan PERKASISMA (Perkemahan Pramuka Siswa Madrasah). Kegiatan yang dilaksanakan 3 hari mulai 23 – 25 september 2014 ini diikuti oleh siswa-siswi Madrasah Aliyah dari perwakilan 48 Madrasah se Daerah Istimewa Yogyakarta.
Perkasisma yang baru pertama kali diadakan oleh Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta ini terdiri dari serangkaian kegiatan baik perlombaan, giat persahabatan, hiburan dan lain-lain. Kegiatan perlombaan dalam perkasisma ini adalah CCP (Cerdas Cermat ke-Pramukaan), poster, hasta karya, kaligrafi dan 5K tenda. Selain itu juga ada kegiatan penyuluhan dengan beberapa materi seperti NAPZA & NARKOBA, tanggap bencana dan bullying. Dalam kegiatan giat persahabatan ada anjangsana, mencari teman, gotong royong, membuat layang-layang bersama, senam pagi dan outbond. Pada malam harinya diadakan kegiatan api unggun dan dilanjutkan dengan pentas seni dari tiap-tiap kontingen. Pada hari terakhir kegiatan 25 september dilaksanakan pawai karnaval hasta karya dan layang-layang dari tiap-tiap kontingen.
Dalam kegaitan perlombaan juara umum diraih oleh MAN 2 Yogyakarta. Walau tidak menjadi juara dalam perlombaan PERKASISMA, kontingen An-Nur tetap senang dan tidak berkecil hati. “Kita memang nggak menang, tapi dapat pengalaman banyak banget. Ini menjadi motivasi untuk bisa menang dalam keikutsertaan PERKASISMA yang akan datang.” tutur Binti Nafiah, salah satu peserta PERKASISMA kontingen an-Nur.


Kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Banaran Kidul, Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo ini diadakan guna untuk menunjang Kurikulum 2013 yang mewajibkan Ekstrakurikuler  Pramuka di tiap madrasah. Harapannya kedepan dengan diadakannya PERKASISMA dapat memotivasi siswa-siswi madrasah untuk lebih kreatif dan inovatif dalam belajar. (red-sal)

Post a Comment