Ads (728x90)

Hari senin, 03 maret 2014, Pondok Pesantren An Nur kedatangan tamu dari sebuah perguruan tinggi swasta di solo yaitu dari IAIN Surakarta. Kunjungan itu dimaksudkan untuk study banding masalah pengajaran dan kurikulum tahfidzul qur’an yang digunakan di pondok maupun STIQ An Nur.
Rombongan tersebut tiba kira-kira pukul 08.30, yang terdiri dari 10 mahasiswi dan 4 pengajar dari IAIN Surakarta.  Setelah tiba di pondok, rombongan langsung diarahkan menuju rumah KH. Muslim Nawawi untuk sowan sekaligus pengarahan langsung dari beliau selaku perwakilan dzuriyah Pondok Pesantren An Nur.
Acara study banding tersebut berjalan ringan dan santai, yang pertama-tama diisi oleh sambutan dari pihak IAIN Surakarta  yang diwakili oleh Bpk. Ahmad Munadi, beliau memperkenalkan rombongan satu persatu yang ternyata terdiri dari mahasiswi yang masuk program khusus tahfidz dari program study tarbiyah (keguruan). Beliau menyatakan bahwa di IAIN Surakarta rencana akan mengadakan program tahfidz yang targetnya akan dikhususkan di jurusan tarbiyah (keguruan) yang sebenarnya sudah sedikit demi sedikit dilaksankan dengan pembibitan mahasiswa khusus penghafal al-qur’an yang khusus diasramakan dan mendapat bimbingan tahfidzul Qur’an. Beliau bermaksud dengan kunjungan ini mendapat wacana baru tentang pengajaran, kurikulum dan motivasi dalam menjalankan program tahfidzul Qur’an.
Setelah sambutan dari perwakilan IAIN Surakarta kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pengasuh yaitu KH. Muslim Nawawi, selain sambutan beliau juga langsung memberikan pengarahan berkaitan tentang materi study banding tersebut.
Setelah sambutan-sambutan tesebut langsung diisi dengan diskusi-diskusi tentang Tahfidzul Qur’an, metode-metode menghafal, dan motivasi dalam menghafal al Qur’an.  Acara tersebut diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan ramah tamah di pondok. _Kz

Post a Comment